Persendian : Sinartrosis, Amfiartrosis, dan Diartrosis

Persendian adalah hubungan antara tulang dengan tulang atau antara tulang dengan tulang rawan. Tanpa persendian, tulang tidak dapat diputar atau dibengkokkan untuk menghasilkan gerakan. Dengan adanya persendian maka tulang-tulang dapat disatukan dengan bantuan jaringan ikat padat (ligamen).Terdapat ciran sinovial sebagai pelumas pergerakan pada sendi.

Persendian

Berdasarkan fungsinya, persendian dibedakan atas sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis.

1. Sinartrosis


Sinartrosis adalah persendian yang tidak dapat digerakkan sama sekali. Persendian ini disebut sebagai sendi mati. Sinartrosis dibedakan lagi menjadi sinartrosis sinfibrosis dan sinartrosis sinkondrosis.

a. Sinartrosis Sinfibrosis


Sinartrosis sinfibrosis contohnya persendian yang terdapat di antara tulang-tulang tengkorak kepala, berupa sutura. Sutura adalah hubungan dua tulang yang permukaannya kasar dan dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa.

b. Sinartrosis Sinkondrosis


Sinartrosis sinkondrosis merupakan sendi yang dihubungkan oleh tulang rawan. Contoh sendi sinartrosis sinkondrosis adalah hubungan tulang rusuk dan tulang dada yang dihubungkan oleh tulang rawan hialin.


2. Amfiartrosis


Amfiartrosis adalah persendian yang pergerakannya sangat terbatas. Misalnya, pada sambungan antara ruas-ruas tulang belakang yang dihubungkan oleh tulang rawan fibrosa.


3. Diartrosis


Diartrosis adalah persendian yang gerakannya bebas. Diartrosis disebut juga sebagai sendi hidup. Biasanya, persendian ini terdapat pada tulang-tulang panjang dan memiliki mobilitas yang cukup tinggi. Kedua ujung tulang tertutupi oleh tulang rawan. Pada ujung tulang ini terdapat rongga berisi cairan sinovial. Cairan sinovial berfungsi dalam mempermudah pergerakan.

Terdapat beberapa tipe diartrosis, yaitu sendi peluru (ball and socket joint), sendi engsel (hinge joint), sendi putar (pivot joint), sendi pelana (saddle joint), sendi geser (gliding joint), dan sendi luncur (condyloid joint).


Sumber:
Yusa dan Maniam, MBS.(2014). Advanced Learning Biology 2A for Grade XI Senior High School Mathematics and Natural Sciences Programme. Facil, Grafindo Media Pratama: Bandung.

.
.


EmoticonEmoticon