Proses Peredaran Darah


Peredaran darah pada manusia membentuk suatu peredaran tertutup. Peredaran darah tertutup adalah peredaran darah di mana darah hanya beredar dari jantung ke pembuluh darah, kemudian kembali ke jantung. Prosesnya digambarkan pada skema berikut.

Proses Peredaran Darah pada manusia

Pernakah kulit Anda tergores benda tajam? Tentunya luka tersebut akan mengeluarkan darah bukan? Darah yang keluar tersebut akan membantu menutup luka sehingga terhindar dari infeksi. Darah memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh Anda,oleh karena itu darah merupakan salah satu karunia dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa yang patut Anda syukuri.

Pada manusia terdapat dua macam peredaran darah, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Dengan dua macam peredaran tersebut maka manusia dikatakan memiliki peredaran darah ganda. Artinya, dalam satu kali peredaran, darah melewati jantung sebanyak dua kali. Berikut diuraikan mengenai peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.
peredaran darah ganda


1. Peredaran Darah Kecil


Pada peredaran darah kecil, ventrikel kanan akan memompa darah menuju paru-paru. Sebelum menuju paru-paru, darah akan melewati arteri pulmonalis. Ketika darah masuk ke dalam paru-paru melewati kapiler, terjadi pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida di dalam darah. Darah yang berasal dari paru-paru akan menuju ke atrium kiri melewati vena pulmonalis. Setelah itu darah yang kaya oksigen masuk ke atrium kiri jantung.


2. Peredaran Darah Besar


Pada peredaran darah besar ,darah yang dipompakan oleh jantung akan menuju ke seluruh tubuh sebelum kembali lagi ke jantung. Darah yang berasal dari atrium kiri jantung, kemudian dialirkan ke ventrikel kiri. Dari ventrikel kiri, darah akan menuju seluruh tubuh melalui aorta (pembuluh arteri besar). Darah yang kaya akan oksigen berdifusi ke sel-sel tubuh. Sementara itu, darah yang kaya akan karbon dioksida yang berasal dari sel-sel tubuh akan berdifusi ke dalam pembuluh darah. Selanjutnya, darah yang kaya karbon dioksida tersebut menuju vena cava. Vena cava mengalirkan darah menuju atrium kanan sebelum akhirnya kembali ke ventrikel kanan jantung.


Sumber:
Yusa dan Maniam, MBS.(2014). Advanced Learning Biology 2A for Grade XI Senior High School Mathematics and Natural Sciences Programme. Facil, Grafindo Media Pratama: Bandung.

.
.


EmoticonEmoticon